Minggu, 02 Maret 2014

Hari Ke-2 PK-9 : Materi Aku untuk Dunia dan Penulisan Jurnal Ilmiah

Materi berikutnya adalah tentang "Aku Untuk Dunia".

Sebuah materi renungan bagi kita tentang peran apa yang dapat kita berikan untuk Indonesia. Materi ini disampaikan oleh Letkol Laut Arif  Badrudin. Beliau adalah almuni LPDP yang sekarang sedang menempuh studi di UNSW, Canberra Australia.

Pesan-pesan moral yang disampaikan diantaranya :
Kita banyak memiliki keinginan/cita-cita, tapi kita dikelilingi oleh keterbatasan. Karena itu, kita tidak bisa sendiri untuk mewujudkan impian tsb. Perlu kerja sama dengan orang-orang disekitar yang satu frekuensi dengan kita. Karena itu, kita perlu mengubah mindset dari sifat Individualis menjadi "Aku untuk sekitarku". Ilmu yang kita miliki harus menjadi solusi bukan menjadi penyebab masalah.

Gantungkan cita-cita setinggi langit. Kalaupun belum dapat mencapai langit, setidaknya kita lebih tinggi dari langit-langit rumah. Keep Persistence!!

Next , Materi Tentang "Penulisan dan Kode Etik Jurnal Ilmiah"

Materi ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ir.M.Nasikin, M.Eng. Seorang dosen dan peneliti di bidang katalisis heterogen.

Beliau menjelaskan tentang kiat menulis karya ilmiah, apa pentingnya publikasi dsb. Adapun kesulitan mahasiswa pada umumnya adalah di tahap awal dari proses penulisan karya ilmiah yaitu Ide. Oleh karena itu, Pak Nasikin memberikan kiat-kiat bagaimana tahap penulisan karya ilmiah yaitu Mulai belajar berfikir kritis dan mungkin sedikit gila hehe..Untuk langkah awal adalah Kenali Symptom/ Gejala dari sebuah Masalah. Dari tahap ini, akan muncul identifikasi dan perumusan masalah. Dari Ide, akan muncul ---> Roadmap, Tujuan, Hypothesis ---> mulai Men Desain/ Proposal ----> Pelaksanaan Riset  (tentunya termasuk pengujian Hypothesis) ----> Jika Hypothesis Terbukti berarti Formulasi berhasil ---> Penulisan Karya Ilmiah. 
Jika suatu penelitian memiliki Novelty, maka hal ini akan menjadi nilai tambah untuk kita. Novelty adalah kebaruan yang belum pernah dilakukan orang lain.

Selain sebagai syarat kelulusan, hal yang paling penting dari sebuah penelitian adalah sebagai salah satu parameter kemajuan suatu institusi Perguruan Tinggi. Ukuran ranking sebuah Universitas, ditentukan oleh banyak tidaknya penelitian ilmiah yang dilakukan. Parameter yang diambil memang bervariasi salah satunya dari Citation Index Jurnal. Ranking Universitas Dunia, salah satunya bisa di lihat disini http://www.topuniversities.com/university-rankings

Overall, pesan pemateri yang paling moralis dan idealis menurut saya adalah Niat kita melanjutkan studi bukan karena ingin lulus mendapat gelar lalu naik jabatan atau karir semata, tapi lebih dari itu kita bisa menghasilkan sebuah karya tulis yang unggul dan bermanfaat. Syukur-syukur jika bisa membuat sebuah inovasi produk yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Arggh.. beratnyaa...dalam tempo 1,5- 2 th ini harus bisa menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat. Semoga...diberi kemudahan untuk bisa melakukannya. Aamiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar