Awalnya terasa berat..dan sempat terpikirkan apakah tugas membuat game ini bisa saya selesaikan atau tidak. Apalagi setelah mencoba beberapa kali, selalu gagal. Dokumentasi tutorial juga kurang lengkap. Sempat hampir desperate...hiks..loh kok jd curcol? hihih...Oke, jadi gini #sambil betulin posisi ngetik .
Jadi...tugas game yang saya buat dianjurkan dengan menggunakan game engine 3D yaitu Torque versi 3. Sumber awal saya dapat dari http://garagegames.com/ . Ada juga tutorial online nya di http://docs.garagegames.com/torque-3d/official/ . Tapiii..setelah dibaca-baca, ternyata tutorial ini tidak menyeluruh..maksudnya disini, yg saya cari belum ketemu. Saya ingin agar si musuh memiliki kecerdasan buatan (AI) sehingga ia bisa memilih jalan sendiri untuk mengejar si player dan melakukan aksi menyerang, serta aksi jatuh atau mati ketika ditembak. Daaan...ini saya temukan di tutorial http://www.imjustacoffeefilter.com/zombiechase.htm . Disana juga ada info tentang situs untuk mendapatkan objek 3D animasi zombie gratis ..linknya disini . Padahal kalau baca di garage game, untuk mendapatkan paket game Zombie ala torque aja bayar .nah ini ada objek 3D gratis, ya sudah langsung tancap aja (download) hehe...
Oke, langkah selanjutnya adalah memasukkan objek dan ai player ke terrain yg sudah saya buat. Terrain itu adalah semacam tempat/arena bermainnya. Kali ini terrain yang saya buat adalah sebuah hutan rimba yang ada disebuah pulau. Pastinya kontur tanahnya naik turun, karena ada bukit-bukit, pepohonan, jurang, danau, dan lautan. Intinya setting tempat dibuat sedemikian mistis, supaya mendukung suasana bermain game. Hmm..untuk membuat terrain ini saja lumayan memakan waktu :-(, apalagi grafis laptopku kurang mendukung :-( ternyata harus beli yg NVidia ...iri deh pas liat teman2 demo pada lancar semua...tp untung di menit-menit terakhir, saya dapat pinjaman laptop dari teman saya Nanda (makasih ya Nda ;-) untuk melakukan demo game. Tapi sayang, laptop Nanda tidak dapat merekam suara, jadi yang ada hanya tampilan demo game dan foto kami di pojok kanan bawah hee #numpang eksis...Ok,berikut link videonya : Demo Game
Dibagian deskripsi video tsb ada sumber-sumber tutorial yang saya pelajari. Silahkan jika ada yang ingin belajar, monggo dibuka-buka linknya :-)
Untuk lebih jelas, saya perlihatkan screenshoot dari game The Island of Zombie :
Tampilan awal game The Island of Zombie |
Ready to Shoot... |
Zombie yg mengerikan siap menyerang...hiiiy... |
Lokasi teleporter 1 |
Lokasi teleporter 2 di pinggir pulau |
Ga kebayang hebohnya kami di malam2 akhir deadline tugas..jam 10 malam masih heboh testing game, revisi terrain, buat video, dll, Sementara batas waktu adalah sampai jam 12 malam :-O. Alhamdulillaaah..sekitar pukul 22.30 aku selesai upload video dan source code game. Sementara temanku Nanda, masih harus menunggu proses render video...yang ternyata salah render..video gabungan 1 giga di render semua hihihih...saking gugupnyaaah :-D
Begitulah cerita singkat tentang proses belajar buat game pertama saya menggunakan Torque 3D. Sesuatu yang awalnya spt mustahil tidak bisa saya kerjakan, tapi Alhamdulillah ternyata jadi juga sebuah game dengan skenario sampai mencapai Victory Condition dan musuh memiliki Ai..meski untuk sempurna, masih sangatlah jauh..karena proses belajar masih harus terus berjalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar