Selasa, 10 Juni 2014

Di Balik Dapur Pembuatan Game Pertamaku (Tugas Besar GPU)

Apa kabar blogku yg sudah berdebu? :-)  Lama tak memberi kabar...sudah beberapa minggu ini selalu disibukkan dengan tugas dan UAS. Sementara cerita PK pun belumlah selesai. Seperti punya hutang pd diri sendiri hehe. Ok inshaAllah diselesaikan ya...nanti setelah ini saya akan coba membuat posting tentang salah satu tugas yang kemarin sempat membuat badan ini tepar hehehe...Selama seminggu lebih menjalankan peran sangkuriang hehe, dikarenakan mengejar deadline tugas game. Game apaan sih...? Jadi begini..karena saya ada di jurusan teknik media digital dan game, maka tidak akan sah kalau tidak membuat game :-D. Maka untuk tugas salah satu mata kuliah semester ini yaitu Komputer Grafis dan Pemrograman adalah membuat game ;-)

Awalnya terasa berat..dan sempat terpikirkan apakah tugas membuat game ini bisa saya selesaikan atau tidak. Apalagi setelah mencoba beberapa kali, selalu gagal. Dokumentasi tutorial juga kurang lengkap. Sempat hampir desperate...hiks..loh kok jd curcol? hihih...Oke, jadi gini #sambil betulin posisi ngetik .

Jadi...tugas game yang saya buat dianjurkan dengan menggunakan game engine 3D yaitu Torque versi 3. Sumber awal saya dapat dari http://garagegames.com/  . Ada juga tutorial online nya di http://docs.garagegames.com/torque-3d/official/  . Tapiii..setelah dibaca-baca, ternyata tutorial ini tidak menyeluruh..maksudnya disini, yg saya cari belum ketemu. Saya ingin agar si musuh memiliki kecerdasan buatan (AI) sehingga ia bisa memilih jalan sendiri untuk mengejar si player dan melakukan aksi menyerang, serta aksi jatuh atau mati ketika ditembak. Daaan...ini saya temukan di tutorial http://www.imjustacoffeefilter.com/zombiechase.htm . Disana juga ada info tentang situs untuk mendapatkan objek 3D animasi zombie gratis ..linknya disini . Padahal kalau baca di garage game, untuk mendapatkan paket game Zombie ala torque aja bayar .nah ini ada objek 3D gratis, ya sudah langsung tancap aja (download) hehe...

Oke, langkah selanjutnya adalah memasukkan objek dan ai player ke terrain yg sudah saya buat. Terrain itu adalah semacam tempat/arena bermainnya. Kali ini terrain yang saya buat adalah sebuah hutan rimba yang ada disebuah pulau. Pastinya kontur tanahnya naik turun, karena ada bukit-bukit, pepohonan, jurang, danau, dan lautan. Intinya setting tempat dibuat sedemikian mistis, supaya mendukung suasana bermain game. Hmm..untuk membuat terrain ini saja lumayan memakan waktu :-(, apalagi grafis laptopku kurang mendukung :-( ternyata harus beli yg NVidia ...iri deh pas liat teman2 demo pada lancar semua...tp untung di menit-menit terakhir, saya dapat pinjaman laptop dari teman saya Nanda (makasih ya Nda ;-) untuk melakukan demo game. Tapi sayang, laptop Nanda tidak dapat merekam suara, jadi yang ada hanya tampilan demo game dan foto kami di pojok kanan bawah hee #numpang eksis...Ok,berikut link videonya : Demo Game 
Dibagian deskripsi video tsb ada sumber-sumber tutorial yang saya pelajari. Silahkan jika ada yang ingin belajar, monggo dibuka-buka linknya :-)

Untuk lebih jelas, saya perlihatkan screenshoot dari game The Island of Zombie :

Tampilan awal game The Island of Zombie
Lalu tampilan ketika player akan menembak si Zombie yg nakal seperti nyamuk karena suka menggigit hehehe..
Ready to Shoot...
 Yg ini tampilan ketika zombie akan menyerang player
Zombie yg mengerikan siap menyerang...hiiiy...
Lokasi teleporter didekat sebuah bangunan tua..teleporter ini dapat menyelamatkan player agar dapat pindah tempat ke lokasi yang aman yaitu di pesisir pantai pulau Zombie. Mengapa? karena anggapannya di pinggir pantai banyak sinar matahari, sehingga para zombie tidak akan berani ke daerah tersebut. Tapi, dengan catatan, si player harus sudah dapat melarikan diri sebelum matahari terbenam. Karena, ketika matahari tenggelam para zombie akan muncul kembali bahkan ke daerah  pesisir pantai sekalipun akan diserang oleh mereka.  Berikut tampilan lokasi teleporter nya :
Lokasi teleporter 1
Jadi disini tantangannya adalah bagaimana si player harus mencari teleporter ke-1 sambil menghindari serangan para zombie disepanjang perjalanan.
Lokasi teleporter 2 di pinggir pulau
Ketika player sudah menemukan teleporter 1 lalu ia akan melewati kotak trigger yang ada diatas teleporter untuk pindah ke teleporter 2 yang ada di pinggir pantai. Sampai disini, sudah dicapai Victory Condition dari game ini.  Meski sebenarnya ide awal adalah agar si player dapat pindah terrain atau level. Tapi, karena waktu nya mefet, sudah mendekati deadline pengumpulan tugas, maka jadilah si player cukup pindah posisi ke pesisir pulau saja ;-)

Ga kebayang hebohnya kami di malam2 akhir deadline tugas..jam 10 malam masih heboh testing game, revisi terrain, buat video, dll, Sementara batas waktu adalah sampai jam 12 malam :-O. Alhamdulillaaah..sekitar pukul 22.30 aku selesai upload video dan source code game. Sementara temanku Nanda, masih harus menunggu proses render video...yang ternyata salah render..video gabungan 1 giga di render semua hihihih...saking gugupnyaaah :-D

Begitulah cerita singkat tentang proses belajar buat game pertama saya menggunakan Torque 3D. Sesuatu yang awalnya spt mustahil tidak bisa saya kerjakan, tapi Alhamdulillah ternyata jadi juga sebuah game dengan skenario sampai mencapai Victory Condition dan musuh memiliki Ai..meski untuk sempurna, masih sangatlah jauh..karena proses belajar masih harus terus berjalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar